Keblinger

Keblinger

Yookk..puasa lagi :D

| Senin, 05 September 2011



Puasa 6 dibulan syawal, memang puasa sunah, tapi puasa ini memiliki keistimewaan yaitu sama dengan puasa setahun penuh dan sangat dianjurkan oleh Nabi besar Muhammad SAW..Seperti dalam hadisnya :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ
Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim)



Dari Tsauban, Rasulullah, SAW bersabda :

مَنْ صَامَ سِتَّةَ أَيَّامٍ بَعْدَ الْفِطْرِ كَانَ تَمَامَ السَّنَةِ (مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا) »
“Barang siapa berpuasa enam hari setelah hari raya Idul Fitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh. [Barang siapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan semisal].” (HR. Ibnu Majah dan dishohihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Irwa’ul Gholil)


Saya juga bingung kenapa puasa enam dianggap puasa setahun penuhh, tapi setelah googling-googling dapet deh artikel yang menyatakan perhitungan secara matematis sebagai berikut :
Satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Pada bulan Ramadhan kita berpuasa sebulan penuh, maka kalau dikalikan sepuluh maka hasilnya sama dengan 1x30 hari =300 hari=10 bulan. Lalu kita lanjutkan puasa syawal 6 hari kalau dikalikan 10 maka hasilnya 10x6=60 hari=2 bulan. Jadi Puasa ramadhan ditambah puasa Syawal sama dengan 12 bulan alias 1 Tahun.

Nahh, lhoo sapa yang sanggup puasa setahun penuh...dengan kemudahan dan kesempatan yang diberikan Allah SWT..marilah kita mengerjakan puasa 6 dibulan syawal ini ^_^


2 komentar:

{ NERDina } at: 5 September 2011 pukul 08.04 mengatakan...

informatif,,
salam kenal :)

{ anggunsarisir } at: 5 September 2011 pukul 11.48 mengatakan...

trimakasih mbakk sudah berkunjung
salam kenal jugak ya :D

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 Anggun Sari Blogger Template by Dzignine