Keblinger

Keblinger

Ramadhan day 5

| Minggu, 14 Juli 2013

Alhamdulillah telah sampai juga kita di hari kelima ramadhan. Masih tetapkah kita istiqomah dengan ibadah-ibadah yang kita lakukan dengan penuh semangat mengharap rida darinya seperti di awal-awal ramadhan??? saya harap kita tetap istiqomah ya sampai di akhir bulan ramadhan agar senantiasa kita kembali fitri di bulan syawal nantinya. Aminnnnnn Ya Allah....



Bagi muslimah tentunya tak mungkin bisa puasa dalam sebulan penuh, adakalanya kedatangan tamu tak diundang, dan kedatangannya tentu tak diinginkan setiap muslimah yang beriman, adakalanya merasa sedih karena tidak bisa memanfaatkan beberapa hari di bulan ramadhan, bulan yang lebih baik dari seribu bulan. Bahkan terkadang ada beberapa orang yang sanggup memakan obat penunda haid. Istri Nabi Aisyah RA pernah meneteskan air mata karena kesedihan hilangnya peluang beramal dengan kedatangan haid. Haid sebenarnya bukanlah hal yang buruk yang ditangisi, melainkan masih ada amalan- amalan yang bisa dilakukan di bulan ramadhan bulan yang mulia ini.

Rasulullah SAW bersabda :

Ini adalah suatu yang ditetapkan Allah ke atas anak-anak perempuan Adam, maka tunaikanlah apa yang ditunaikan oleh orang yang melakukan haji kecuali janganlah kamu bertawaf di Baitullah sehinggalah kamu telah mandi (suci dari haid)”. (Riwayat Muslim)

Haid itu merupakan ketentuan Allah bagi kita anak-anak perempuan Adam, bukankah ridha atas ketentuan Allah merupakan salah satu bentuk ibadah kita kepadaNya. Tahukah Anda berbuka puasa disebabkan haid merupakan suatu bentuk ibadah kita kepadaNya. Ini karena Allah lah yang memerintahkan kita untuk berpuasa dihari-hari kita dalam keadaan suci dan tidak berpuasa di hari-hari kita dalam keadaan haid.

Rasulullah SAW bersabda :
“Telah merasai kemanisan iman barangsiapa yang ridha dengan Allah sebagai Tuhan, dan dengan Islam sebagai deen, dan dengan Muhammad sebagai nabi dan rasul.”(Riwayat Muslim)
Seorang muslimah yang dalam keadaan haid sebenarnya masih bisa melakukan amalan-amalan selama bulan ramadhan seperi berzikir, bersedekah, bershalawat kepada Rasul SAW,mendengarkan bacaan Al-quran dan membaca buku-buku bermanfaat dan menyediakan bukaan bagi orang-orang yang berpuasa.

Rasulullah SAW bersabda :
  
 “Barangsiapa yang memberi makan orang yang berpuasa, dia akan mendapat pahala sepertinya, dan tidak akan mengurangkan pahala orang yang berpuasa sedikitpun”(Riwayat Tarmizi).
Ada baiknya sebelum kedatangan waktu haid anda, perbanyaklah amalan-amalan ibadah anda, karena Allah tetap memberikan pahala amalan-amalan bagi orang-orang yang terhalang untuk beribadah karena masa haid.

Rasulullah SAW bersabda :

"Sekiranya seorang hamba muslim sakit atau bermusafir, (tetap) ditulis baginya apa yang dahulunya dia lakukan ketika dia sehat dan bermukim" (Riwayat Al-Bukhari dan Al-Baihaqi).
Sumber :
http://cahaya-pertama.blogspot.com/2011/08/amalan-untuk-muslimah-yang-didatangi.html
http://www.bisosial.com/2013/02/makalah-menunda-haid-dalam-pelaksanaan.html
  

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 Anggun Sari Blogger Template by Dzignine