Keblinger

Keblinger

Ramadhan day 6

| Senin, 15 Juli 2013
Tanpa terasa  sudah memasuki ramadhan yang ke-6, semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT dan tetap istiqomah serta diberi kemudahan dan kelancaran-kelancaran dalam menjalankan puasa dan ibadah-ibadah lainnya sampai di akhir bulan ramadhan...Aminnnn





Imam Al Qhazali mengatakan , mereka yang selamat dalam ramadhan adalah mereka yang berada dalam kategori khususul khusus atau al Khawwas, yaitu mereka yang menjaga hati, mata, lisan tangan dari maksiat.
Imam Al Qhozali mengelompokkan orang yang berpuasa dalam 3 (tiga ) kategori :

Pertama : Kelompok orang awam yaitu kelompok orang yang dalam berpuasa tidak lebih dari sekedar menahan lapar , haus dan tidak mampu menahan syahwatnya.

Kedua adalah kelompok orang yang berpuasa selain menahan lapar , haus dan mampu menahan syahwatnya juga mampu menjaga lisan, mata, telinga, hidung dan anggota tubuh lainnya dari segala perbuatan maksiat dan sia-sia.

Ketiga adalah mereka yang berada dalam ketegori khususul khusus atau Al Khawwas, yaitu mereka tidak saja mampu menjaga telinga, mata, lisan, tangan dan kaki serta anggota tubuh lainnya dari segala yang menjurus pada maksiat kepada Allah namun mereka juga mampu menjaga hatinya dari selain Allah.

Nah. masuk ke dalam kategori manakah kita. pertama, kedua atau ketiga???
Marilah kita introspeksi diri kita masing-masing, mumpung masih di ramadhan ke-6.
Semoga kita tidak termasuk kedalam kelompok orang-orang yang merugi yang hanya mendapat lapar dan haus saja pada puasanya.

Sumber :


0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2010 Anggun Sari Blogger Template by Dzignine